Pahami Penyebab Rambut Rontok Pada Pria Dengan Tepat

Penyebab Rambut Rontok Pada Pria. 95% pria mengalami kebotakan akibat rambut yang rontok. Seorang pria sudah mengalami rambut rontok sejak di usia tiga puluh lima tahun. Bagi pria, umur tersebut merupakan umur yang sedang produktif. Semakin umur seorang pria bertambah, maka seorang pria akan mengalami kerontokan rambut yang semakin parah. Puncak rambut rontok yaitu pada umur lima puluh tahun. Pada umur tersebut, maka kebotakan akan sangat terlihat pada rambut kepala bagian depan. Sehingga lama kelamaan rambut akan semakin tipis dan kebotakan semakin menerpa kepala Anda. 

Penyebab Rambut Rotok Pada Pria

Iliustrasi Penyebab Rambut Rontok Pria 
Memahami penyebab terjadinya rambut rontok merupakan hal yang harus Anda ketahui. Adapun penyebab terjadinya rambut rontok pada pria antara lain:
1. Kekurangan nutrisi pada rambut
Rambut kita memiliki bagian yang disebut folikel rambut. Bagian folikel rambut terdapat di bawah permukaan kulit. Mah, folikel rambut ini selalu membutuhkan nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut. Semua nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut berfungsi untuk mempertahankan pertumbuhan pada rambut. Jika rambut kekurangan nutrisi, maka pertumbuhan rambut sudah tentu akan terganggu. Jika Anda saat ini mengalami rambut rontok yang berlebihan dan sudah berlangsung lama, maka sebaiknya, Anda mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin.
2. Gangguan hormonal
Gangguan hormonal termasuk ke dalam factor internal yang menyebabkan kebotakan. Jenis hormon yang dapat menyebabkan rambut rontok yaitu hormon dihydrostestosteon atau disebut hormone DHT. Hormon tersebut juga disebut dengan hormone Androgen. Hormon tersebut terdapat pada pria dan juga wanita. Jumlah hormon androgen yang berlebihan atau melebihi batas normal akan menyebabkan rambut menjadi rontok. Terjadinya rambut rontok akibat hormon androgen karena kerja hormon yang berpengaruh dengan kesehatan pada folikel rambut. Untuk dapat menyeimbangkan kembali hormon androgen, maka dapat dengan mengkonsumsi obat yang khusus menstabilkan hormone androgen.
3. Faktor keturunan 
Faktor keturunan atau faktor genetik termasuk dalam kategori faktor internal. Faktor ini merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi terjadinya kerontokan pada rambut yang akan berakhir pada kebotakan. Jika Anda memiliki ayah atau ibu yang memiliki rambut rontok dan menjadi botak, maka kemungkinan Anda menjadi botak juga besar. Jika kerontokan pada rambut karena faktor keturunan, maka hal ini tidak dapat dihilangkan. Namun, dapat diminimalisir dengan menjaga asupan makanan.
4. Terjangkit suatu penyakit 
Rambut yang rontok juga menjadi indikasi bahwa Anda mengalami sebuah penyakit. Jenis penyakit yang dapat mengakibatkan terjadinya rambut yang rontok yaitu salah satunya yaitu penyakit kanker. Penyakit ini termasuk dalam kategori penyakit yang berbahaya. Jika kerontokan pada rambut sangat tidak wajar, maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan kesehatan ke dokter. Hal ini bertujuan agar penyakit Anda dapat ditangani dengan baik. Rambut yang rontok akibat dari suatu penyakit dapat hilang jika penyakit yang Anda derita sudah hilang dari tubuh Anda.


Artikel terkait :

0 Response to "Pahami Penyebab Rambut Rontok Pada Pria Dengan Tepat "