Cara Membuat Aquarium Ikan Hias Dengan 6 Langkah Mudah




 Hasil gambar untuk cara membuat aquarium 

CARA MEMBUAT AQUARIUM – Aquarium merupakan salah satu wadah penampung air yang berfungsi sebagai pengganti kolam ikan hias, seperti ikan koi, cupang dan lain sebagainya. Agar ikan hias tersebut dapat digunakan sebagai hiasan rumah, ngga ada salahnya kalo kita nyoba bikin Aquarium sederhana tanpa harus beli di toko.

1. Cara Membuat Aquarium Minimalis

Biasanya, Aquarium ditaruh di dalam ruang tamu atau bahkan ruang santai keluarga. Selain mempercantik dekorasi rumah, Aquarium diyakini juga dapa menghilangkan stress bagian sebagian dari mereka para penghobi ikan hias.

Artikel terkait : Beberapa jenis ikan hias air tawar

Alat dan Bahan

  • Kaca, berfungsi sebagai bahan dalam pembuatan
  • Penjepit kertas, berfungsi untuk menjepit antara potongan kaca kecil-kecil
  • Lem Kaca, gunakan lem silikon yang berfungsi untuk merekatkan kaca agar tidak bocor
  • Lem Silicon Tembak, sebagai alat untuk mempermudah proses perakitan aquarium
  • Lakban, berfungsi untuk membantu berdirinya kaca dengan kaca yang lain agar tidak bergeser sehingga memudahkan pengolesan lem kaca. Gunakan lakban plastik berwarna hitam atau coklat.

Ukuran Kaca

Cara Membuat Aquarium

Umumnya ukuran yang digunakan berkisar antara 3 mm – 16 mm. Sebagai acuan dalam membuat aquarium, berikut ini beberapa daftar urutan kaca yang dapat kamu gunakan.
  • Tebal kaca 3 mm, Panjang akuarium  30 cm, Lebar akuarium 20 cm, Tinggi akuarium 20 cm
  • Tebal kaca 3 mm, Panjang akuarium  30 cm, Lebar akuarium 20 cm, Tinggi akuarium 20 cm
  • Tebal kaca 3 mm, Panjang akuarium  40 cm, Lebar akuarium 20 cm, Tinggi akuarium 30 cm
  • Tebal kaca 3 mm, Panjang akuarium  50 cm, Lebar akuarium 30 cm, Tinggi akuarium 30 cm
  • Tebal kaca 5 mm, Panjang akuarium  70 cm, Lebar akuarium 35 cm, Tinggi akuarium 35 cm
  • Tebal kaca 3 mm, Panjang akuarium  80 cm, Lebar akuarium 40 cm, Tinggi akuarium 40 cm
 Artikel terkait : Pilihan model desain aquarium modern
Usahakan ukuran ketebalan aquarium ditambah 0,5 sampai 1 milimeter berdasarkan kaca yang akan digunakan. Setelah menentukan ukuran dan bentuk kaca yang akan digunakan, langkah selanjutnya yakni memotong kaca. Usahakan, gunakan kaca yang masih dalam bentuk lembaran (kaca) untuk membuat aquarium.
Dalam proses pembuatan aquarium, ada beberapa keahlian yang harus dikuasai agar aquarium yang kita buat terhindar dari kebocoran sehingga dapat tahan lama. Keahlian itu yakni memotong kaca, mendesain dan merakit aquarium. Setelah itu lakukan uji coba pada aquarium yang telah dibuat.

Pemotongan Kaca

  1. Taruhlah lembaran kaca pada meja kerja yang datar dan bersih
  2. Sesuaikan ukuran kaca yang akan dipotong dengan bentuk aqurium yang akan dibuat
  3. Buat pola kaca terlebih dahulu dengan spidol dan penggaris sebelu membuat potongan-potongan kaca. Setelah pola terbentuk, kaca dapat dipotong langsung dengan menggunakan alat pemotong kaca.
  4. Seusai kaca terpotong, haluskan bagian pinggir dari potongan-potongan kaca dengan menggunakan alat gerinda atau batu asahan karborondum
  5. Sesuaikan kaca yang akan dirakit dengan aquarium yang akan dibuat.
  6. Lakukan penggosokan kembali pada bagian pinggir kaca sebelum dirakit dengan menggunakan gerinda atau batu asahan karborundum
  7. Setelah semua bagian pinggir kaca halus, barulah proses perakitan siap dimulai.

Langkah -Langkah



Cara Membuat Aquarium Mini
  1. Tempelkan lem kaca (lem silicon) tepat di bidang pertemuan antara potongan kaca
  2. Jika lem sudah teroles dengan baik, maka kaca bagian sisi kecil bisa dipasang
  3. Selanjutnya kedua sisi lainnya bisa dipasang
  4. Setelah semua kaca menempel, atur posisi mereka dengan plak band. Biarkan dalam kondisi tersebut sampai lem mengering
  5. Setelah sambungan kaca, lapisi bagian tersebut dengan lem guna mencegah terjadinya kebocoran akibat perekatan yang kurang sempurna.
  6. Lakukan langkah – langkah diatas dengan perlahan dan hati-hati agar terlihat rapi namun kuat.
  Artikel terkait : Beberapa jenis ikan hias air laut

2. Cara Membuat Aquarium Air Tawar Minimalis

Membuat Aquarium Air Tawar

Proses pembuatan aquarium air tawar ini tidaklah sulit. Karena persiapannya sederhana, sehingga cepat untuk dikerjakan.

  Artikel terkait : Ikan hias air tawar yang bisa dicampur dalam satu Aqurium

Sebelum mengisi aquarium dengan ikan hias, ada baiknya kamu uji terlebih dahulu apakah aquarium tersebut tidak mengalami kebocoran atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.
  • Alat dan Bahan
  • Lem Kaca
  • Kaca bening, setebal 1 cm
  • Cutter
  • Alat pemotong kaca
  • Lakban, pilih yang ukurannya lebar dan besar
  • Penggaris
  • Amplas kaca
  • Spidol berwarna
  • Lampu hias
  • Tanaman plastik/artifisial
  • Penyaring air elektronik (skimer) dan filter
  • Papan penyangga filter dan skimer

Tahapan Membuat Aquarium Air Tawar

  1. Ukuran aquarium harus ditentukan terlebih dahulu. Ukuran aqurium air tawar idealnya yaitu panjang 100 cm, dengan tinggi 60cm dan lebar 30 cm. Atau bisa juga dengan panjang 100 cm dengan tinggi 40 cm dan lebar 50 cm. Pastikan ukuran yang dibuat sudah pas. Sebagai alat bantu, gunakan spidol berwarna untuk penanda ukuran.
  2. Kemudian potonglah kacang bening menggunakan pemotong kaca sesuai ukuran yang telah ditandai tadi. Pastikan semuanya tertata rata dan rapi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya celah yang terdapat pada sambungan.
  3. Jika seluruh panel kaca sudah dapat menyanggah semua bagian panel kaca, maka langkah selanjutnya adalah pengeleman. Pertama, gunakan jari telunjuk saat mengoleskan lem kaca di sambungan bagian dalam. Ini bertujuan supaya sambungan antar panel kaca aquarium tertutup dengan baik.
  4. Lakukan cara pengeleman tadi berulang kali hingga seluruh bagiannya tertutup sempurna, tanpa ada kebocoran. Jika sudah, maka tunggulah sekitar 20 sampai 30 menit agar lem yang merekat benar-benar sudah kering. Lepas lakban dan oleskan sisi luar dari sambungan panel kaca tersebut dengan rapat dan rapi.
  5. Tunggu lagi selama 20 hingga 30 menit, lalu periksa keadaan aquarium apakah sudah kering atau belum. Masukkan air ke dalam aquarium, lalu periksa sambungan antar panel kaca aquarium. Apabila ditemukan kebocoran, berikan tanda dan oleskan lem kaca tepat di bagian itu.
  6. Periksa kembali apakah telah fix atau belum. Bila sudah, buang air dalam aquarium dan keringkan menggunakan kain pembersih. Tempelkan stiker background aquarium di sisi dalam aquarium. Kemudian taruhlah hiasan berupa batuan serta tanaman plastik pada aquarium.
  7. Tuanglah air tawar yang berasal dari sumur atau keran ke dalam aquarium. Hindari menggunakan air yang telah tercampur dengan kaporit. Air tawar diisi sebanyak setengah sampa tiga seperempat bagian aquarium, usahakan jangan sampai terlalu penuh. Kemudian pasangkan filter dan skimer tepat di bagian atas. Pasangkan pula lampu hias tepat di atas aquarium atau belakang stiker background.
  8. Setelah itu masukkan ikan hias ke dalam aquarium. Colok dan nyalakan lampu hias dan skimer.
 Artikel terkait : Penyakit ikan di akuarium dan beberapa obat yang bisa digunakan
Masih penasaran bikinnnya kek gimana? Ngga usah ragu, cukup liat video di bawah ini 🙂


Demikian tutorial cara membuat aqurium minimalis dari Admin Petirhitam.blogspot.com, yang mudah dan murah buatan sendiri.

0 Response to "Cara Membuat Aquarium Ikan Hias Dengan 6 Langkah Mudah"