Asul-usul desa Lempeni - Tempeh lengkap

Berhubung saya adalah seorang laki - laki yang lahir di Desa ini, berikut saya akan memberi sedikit info tentang Desa Lempeni.

Lempeni adalah sebuah desa di Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang. Provinsi Jawa Timur, Indonesia kode Pos 67371. Di Desa ini terletak Stasiun Mujur yakni kereta api yang telah mati (non aktif) semenjak 1 Februari 1988. Bersamaan dengan penutupan jalur kereta api Klakah - Lumajang, kemungkinan karena okupansi penumpang yang menurun dan prasarananya yang telah banyak mengalami kerusakan.
Jalur kereta api ini pada masa lalu merupakan jalur yang cukup sibuk, dengan Stasiun Lumajang yang terbesar di jalur ini melayani hampir 300.000 penumpang pertahun dan barang hingga 23 ribu ton lebih di antara tahun 1950-1953. Jumlah penumpang yang naik dari Tempeh hampir setengah banyaknya yang naik dari Stasiun Lumajang.


Wilayah desa Lempeni terpisah oleh aliran sungai lahar semeru dengan sebutan sungai mujur. Sisi selatan sungai mayoritas suku madura, sedangkan utara sungai lebih banyak suku jawa.

Dan asal usul dari nama desa Lempeni sendiri diambilnya dari nama tumbuhan yang banyak tumbuh di Desa ini, namanya Pohon Pelem (Mangga) dan Pohon Mauni yang disatukan menjadi nama Lempeni.
Tidak hanya  itu, di Desa ini banyak tumbuh tumbuhan yang namanya sama dengan desa Lempeni, Yakni Tumbuhan Lempeni atau biasa di sebut Daun Lempeni.

Daun Lempeni itu sendiri memiliki banyak Khasiat dan manfaat untuk tubuh sebagai sarana obat penyakit yang sulit disembuhkan. untuk mengetahui beberapa manfaatnya silakan baca juga artikel "Manfaat Daun Lempeni" yang sudah saya siapkan untuk pengunjung yang sudah jauh - jauh melanglang buana mencari info Desa Lempeni dan akhirnya sampai ke website saya. hehehe.

Mujur sta 140726-45064 lumj.JPG
Reruntuhan eks Stasiun Mujur, 2014
Berikut Peta dan Gambaran perbatasan Desa Lempeni.


Letak geografis
Cukup sampai disini dulu info tentang Desa Lempeni dari saya, kapan - kapan aku lengkapi sedikit demi sedikit yang kurang.

0 Response to "Asul-usul desa Lempeni - Tempeh lengkap"