9 jenis musang khas pulau di indonesia yang patut diketaui


Jenis musang yang  harus kamu tau.
 Musang adalah hewan mamalia yang menurut banyak orang merupakan hewan yang suka sekali memangsa ayam peliharaan,anggapan itu tidak sepenuhnya benar karena banyaknya penebangan hutan dan juga pembakaran lahan menjadikan ekosistem musang ini terganggu,ini tentu berakibat akan menipisnya hewan mamalia kecil maupun buah yang menjadi makanan musang.sehingga musang masuk ke areal pemukiman pinggir hutan maupun kebun.
Karena makin menipisnya areal perburuan musang menjadikan hewan peliharaan milik warga yang berada disekitar hutan maupun perkebunan menjadi incaran mudah,karena itu banyak kita jumpai musang memangsa ayam peliharaan milik warga yang rumahnya berada di sekitar kebun maupun hutan. Jadi jangan heran ya,jangan salahkan hewannya tapi intropeksi diri seberapa masivenya kita sebagai manusia yang harusnya menjaga alam tapi malah merusaknya secara berlebihan.

Baca juga: Mengenal musang bulang yang eksotis pilihan pecinta musang 
Namun dijaman yang modern ini sering kali kita jumpai beberapa kalangan yang menyukai hal-hal unik,salah satunya adalah komunitas pecinta musang yang rela memelihara berbagai jenis musang khas indonesia tercinta agar tetap terjaga.berikut ini kami berikan beberapa list jenis-jenis musang yang memiliki corak,keunikan dan bentuk tubuh yang unik.
1.Musang Pandan / Luwak

9 jenis musang khas pulau di indonesia
Musang yang paling populer memasuki list no 1 ialah musang pandan atau biasa para pecinta musang menyebutnya Muspan,memiliki nama latin Paradoxurus Hermaphoditus.

Baca juga : Jenis-musang khas pulau di indonesia
Hal yang menjadi ciri khas dari musang ini ialah kelenjar yang berada dibawah pangkal ekor yang mampu mengeluarkan bau seperti pandan,namun ini hanya terdapat pada musang jantan saja,musang termasuk hewan noktural yaitu hanya aktif dimalam hari,saat siang hari lebih banyak dihabiskan di dalam lubang-lubang kayu atau di tempat-tempat gelap seperti pohon tumbang maupun lubang ditanah.
Makanan yang paling disukai musang ialah pisang,hampir sama monyet bukan??hehe selain ahli dalam memanjat musang juga ahli dalam mencium aroma makanan,dan mampu membedakan mana buah yang masak dan yang belum masak.
Ciri-ciri khas musang pandan ialah corak pada tubuhnya berwarna coklat kekuningan dengan berat badan mencapai 3-5kg,dan mampu melahirkan 1-4 ekor anak musang dalam sekali kawin.
Dihutan musang pandan biasa memangsa hewan-hewan kecil seperti cacing,kadal,tikus mapun anak burung,selain itu berbagai buah-buahan juga menjadi makanan kesukaan musang seperti pepaya.pisang dan juga kopi.
2.Musang Bulan
9 jenis musang khas pulau di indonesia
Nama latin musang bulan ialah Paguma Larvata,memiliki bentuk badan yang lebih bongsor dibandingkan yang lainnya musang bulan mempunyai masa hidup yang cukup lama yaitu 22 tahun dengan berat mencapai 3-5kg dengan melahirkan 1-4 ekor anak musang setiap musim kawin tiba.
Karena bentuknya yang unik sering kali musang bulan di sebut sebagai musang topeng karena memiliki garis putih memanjang dari hidung sampai ke kepala dan juga garis putih dibawah telinga mengelilingi leher.

Baca juga :  tips agar musang tidak kabur jika diluar
Soal makanan musang bulan mempunyai selera yang sama dengan yang lainnya,yaitu berbagai buah dan juga serangga serta mamalia kecil,namun makanan yang menjadi favoritnya ialah madu.

3.Musang Rase
9 jenis musang khas pulau di indonesia
Inilah salah satu jenis musang favorit penulis,musang rase dengan nama latin Viverricula Malaccensis  mampu hidup selama 10 tahun dan juga mampu melahirkan 1-5 anak musang dalam sekali musim kawin.
Bentuk tubuhnya memiliki totol-totol hitam di disekitar bulu berwarna coklat,menjadikan musang rase seperti seekor leopard kerdil yang anggun,makanan kesukaan musangrase hampir sama dengan musang lainnya namun sekali lagi menunya sedikit menyimpang dari keluarga musang lainnya,karena lebih prefer ke daging,seperti tikus,unggas dan juga telur.

Baca juga : Cara pengobatan musang diare pup

4.Musang Akar

9 jenis musang khas pulau di indonesia
Musang akar dengan nama latin Arctogilidia Trivirgata,salah satu musang peliharaan penulis,hehe musang ini mempunyai bentuk tubuh yang lebih kecil dibandingkan  dengan musang lainnya,dengan panjang 50-60cm dan juga berat tubuh 2-3kg musang akar hanya melahirkan 1-2 ekor anakan musang pada saat musim kawin,.

Baca juga : mengenal musang bulan musang eksotis
Hal yang menjadikan musang ini menarik adalah ukurannya yang mungil dan juga corak warna pada tubuhnya yang bergaris 3 berwarna putih memanjang yang sangat eksotis,selain itu bulu dibawah badannya berwarna putih bersih.kelebihan lain yang dimiliki musang akar adalah indra penciumannya yang mampu mencium bau makanan dari jarak yang cukup jauh selain itu mampu membedakan berbagai macam jenis buah yang dijadikan makannya dengan memilah mana yang mentah maupun matang.

5.Musang Binturong

9 jenis musang khas pulau di indonesia
Musang satu ini dalam bahasa malaysia sering disebut sebagai Menturung dan banyak orang manca menyebut sebagai Bearcat ini tentu saja tidak aneh dikarenakan wajah binturong yang menyerupai kucing namun berbadan tambun menyerupai beruang madu,musang binturong memiliki berat antara 15-30 kg ini menjadikan binturong sebagai musang terbesar dan juga unik serta dilindungi oleh negara karena populasinya yang terancam oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk diambil kulitnya.memiliki panjang tubuh hampir 1 meter dengan angka kelahiran 1-6 anakan musang binturong dalam sekali musim kawin.
Kelebihan yang dimiliki musang biturong jika dibadingkan dengan musang lain yang paling mencolok adalah ukuran badannya,selain itu keahlian memanjat pohon dan melompat lebih baik karena susunan cakar yang ada pada binturong lebih melengkung,jadi dapat mencengkeram batang pohon atau ranting dengan kuat.tak hanya itu,ekor musang binturong juga sangat berguna sebagai penyeimbang disaat binturong ini turun dari atas pohon dengan kepala menghadap bawah duluan.

Baca juga : cara simple menggemukkan musang

6.Musang air

9 jenis musang khas pulau di indonesia
Musang ini sebenarnya tidak begitu populer namun sering kita jumpai di beberapa siaran televisi dokumenter seperti NatGEO,musang ini banyak ditemui di daerah berair seperti rawa,maupun hutan  dekat sungai,penyeberannya berada di pulau sumatra,thailand maupun malaysia.
Makanan pokok musang ini adalah kepiting maupun ikan yang terjebak di rawa-rawa selain itu musang air juga mampu memanjat pohon untuk sekedar mencari sumber gizi lain seperti anak burung maupun buah-buahan untuk dimakan.

7.Musang sulawesi

9 jenis musang khas pulau di indonesia
Salah satu musang langka milik negara kita,yaitu musang sulawesi dengan nama latin Macrogalidia Musschenbroekii,untuk ukuran tubuh musang sulawesi tak jauh berbeda dengan musang binturong yaitu memiliki panjang badan 64-89 cm sedikit lebih mungil,daerah perburuannya adalah pohon-pohon yang menjadi sarang burung-burung kecil maupun perkebunan.

Baca juga : Tips menjinakkan musang yang liar


8.Musang Bertopeng

9 jenis musang khas pulau di indonesia
Dari namanya sudah menarik bukan,tak hanya superhero yang bertopeng namun musang juga,nama ilmiahnya adalah Paguma Larvata,ciri fisik yang menonjol dari musang bertopeng ialah ekornya yang mempunai panjang 50cm dan postur tubuh antara 54-76cm menjadikan musang ini cukup besar dan panjang untuk eklas musang lainnya.keunggulan lainnya adalah proses perkembang biakannya cukup cepat,dalam 1 tahun musang bertopeng mampu berkembang biak 2X dengan rata-rata 4 ekor anak musang sekali melahirkan.

9 Musang kelapa (Belang owston)

9 jenis musang khas pulau di indonesia 

Tak banyak data yang kami dapatkan mengenai musang ini karena sulitnya penangkapan maupun orang yang mencoba mengamati,namun dijelaskan bahwa musang kelapa dapat ditemukan di vietnam,laos,cina selatan dan juga kalimantan.musang kelapa memiliki panjang 50 cm dengan panjang ekor 17cm,wajahnya yang runcing sering di kaitkan dengan kerabatnya yaitu musang rase namun musang kelapa sedikit berbeda.
Itulah daftar musang eksotis yang terdapat di indonesia tercinta,anda tertarik untuk memelihara salah satunya,atau ada yang sudah pernah memelihara hewan eksotis asli indonesia ini??kirimkan pengalamanmu dalam memelihara musang melalui form kirim artikel ditempat kami.

0 Response to "9 jenis musang khas pulau di indonesia yang patut diketaui"