Tips menjinakkan musang yang liar dan suka gigit





Bagi orang awam yang ingin memelihara musang, pastinya akan bertanya-tanya tentang cara menjinakkan musang yang masih liar? Pada dasarnya menjinakkan musang tidaklah mudah, karena dalam hal ini sangat dibutuhkan keberanian serta kesabaran dan ketelatenan.
Musang yang masih liar biasanya memiliki karakter yang buas (galak) dan juga tidak segan-segan menggigit siapapun disekitarnya. Nah oleh karena itu maka disinilah sebuah keberanian sangat diperlukan. Umumnya untuk menjinakkan musang kita diharuskan untuk sesuai dengan cara yang benar agar bisa berhasil. Maka berikut ini adalah langkah-langkah yang tepat dan efektif dalam menjinakkan musang liar.

Baca juga : Jenis-musang khas pulau di indonesia

menjinakan musang

4 Prinsip penting yang diperlukan untuk menjinakan musang

Sebelum ke tahap bagaimana cara menjinakan musang yang masih liar, sebaiknya anda mengatahui beberapa prinsip ini terlebih dahulu.
Buang rasa takut
Prinsip utama yang harus anda miliki ketika ingin menjinakan musang liar adalah, buang jauh-jauh rasa takut anda. Karena semakin anda takut terhadap musang liar, maka biasanya musang tersebut akan semakin ganas.
Digigit musang merupakan hal yang wajar
Prinsip selanjutnya adalah anda harus membiasakan diri untuk digigit musang. Karena menggigit adalah sifat dominan yang dimiliki musang pada dasarnya. Sebenernya ketika musang ingin menggigit tangan anda hanya untuk membuat anda takut. Oleh karena itu sebaiknya anda tidak perlu takut ketika akan digigit musang.

Baca juga :  tips agar musang tidak kabur jika diluar

Jadikan musang sebagai partner anda
Saat anda ingin menjinakan musang kesayangan anda, sebaiknya anda harus membiasakan diri untuk menjadikan musang tersebut sebagai partnernya ataupun sahabat dekatnya. Karena semakin anda dekat dengan musang tersebut, maka akan semakin mudah anda untuk menjinakannya. Biasanya ketika anda sudah berhasil menjadikan diri anda sebagai parnernya, musang tersebut akan selalu mengikuti anda kemanapun anda pergi.

Handsfeed (memberi makan musang dengan tangan)
Prinsip terakhir yang di perlukan adalah anda harus rutin dalam menyuapinya makan. Hal ini umumnya sangat diperlukan ketika anda sudah bisa melakukan langkah langkah yang saya jelaskan sebelumnya di atas. Hal ini memliki fungsi penting yang akan membuat emosi musang akan semakin membaik terhadap ownernya.
Nah jika anda sudah mengetahui beberapa prinsip yang diperlukan untuk cara menjinakan musang, maka selanjutnya anda harus tau langkah-langkah untuk menjinakan musang.

Baca juga : Cara pengobatan musang diare pup

Cara efektif untuk menjinakkan musang liar

1. Taro musang anda di dalam kandang yang tidak terlalu besar, agar kandang serta musang anda lebih mudah dipindah pindahkan dan juga nyaman dalam melakukan proses penjinakkan musang liar tersebut.
2. Sediakan botol mineral bekas untuk membantu proses penjinakan musang kesayangan anda. Pastikan botol mineral tersebut tidak ada isinya dalam bentuk apapun.
3. Selanjutnya gunakan botol mineral tersebut, lalu pukulkan botol itu ke bagian sisi luar kandang musang yang anda miliki. Fungsi pada botol ini adalah agar musang anda terbiasa dengan suara keras dan juga ramai. Selain itu juga dapat menghilangkan sifat liar musang yang cenderung gampang kaget serta memberitahukan kepada musang anda bahwa andalah yang lebih galak dari dia. Lakukan cara ini setiap hari.
4. Setalah lakukan cara memukul botol minum di luar kandang, maka saatnya untuk memukul botol disisi dalam kandang. Terus lakukan cara ini setiap hari.

Baca juga : mengenal musang bulan musang eksotis

5. Jika musang anda sudah terbiasa dengan keadaan seperti itu, maka sekarang coba anda elus eluskan botol air mineral tersebut ke musang anda, sentuh bagian kepala atau tubuhnya. Lihatlah reaksi musang, biasanya musang akan mau disentuh ketika mereka mulai patuh terhadap pemiliknya.
6. Sambil membelai-belai musang yang ingin anda jinakan, berikan musang anda nama panggilan untuk dirinya. Jika sudah ketemu namanya, biasakan untuk panggil nama musang anda setiap kali
7. Untuk tahap ini biasanya musang tidak akan lagi berusaha menggigit anda. Nah, jika anda sudah bisa memegang dan membelai tubuh musang di dalam kandang. Maka jangan lupa untuk selalu memagang ekor, kepala dan kaki musang tersebut, agar musang itu menjadi terbiasa saat dipegang.
8. Setelah musang sudah mulai jinak didalam kandang, kini saatnya anda melakukan proses penjinakkan di luar kandang musang. Pertama adalah genggam ekor musang anda, lalu tarik musang keluar kandang perlahan-lahan. Saat diluar kandang biasanya musang akan menjadi galak kembali, dan dia akan sekuat tenaga untuk melarikan diri dan mencoba menggertak anda dengan perlawanannya.

Baca juga : cara simple menggemukkan musang

9. Di dalam tahap ini tenangkan diri anda. karena setelah beberapa saat umumnya emosi musang akan mulai kembali tenang. Ketika anda lihat musang sudah agak tenangan maka itulah waktu yang tepat untuk anda belai tubuh dan kepalanya. Teruskan untuk melakukan belaian hingga musang anda benar-benar merasa nyaman dengan anda.
10. Biasakan untuk melakukan proses penjinakkan setiap hari, hingga anda merasakan perubahannya. Pada proses tersebut anda juga bisa memberi makan musang anda dengan pepaya yang sudah dipotong kecil-kecil.
11. Setelah anda rutin melakukan proses penjinakan dan yakin musang anda jinak. Maka selanjutnya anda bisa memulai eksperimen dengan meletakkan musang dipundak anda dan di bagian tubuh anda lainnya.
12. Selain hal yang sudah saya jelaskan tadi, anda juga jangan lupa dalam memandikan musang 2 hari sekali. Biasanya musang akan lebih mudah jinak, ketika kita sering memandikannya secara rutin.
13. Terakhir jangan lupa untuk wajib handfeed untuk setiap harinya.
Semoga bermanfaat ya musang lovers

Baca juga : Tips menjinakkan musang yang liar

0 Response to "Tips menjinakkan musang yang liar dan suka gigit"