
1. Membuat Yel-yel

Penasaran bagaimana cara membuat yel-yel yuk simak tips dan trik cara membuat yel-yel yang kami buat agar kamu dapat membuat yel-yel yang seru dan menarik bersama kelompokmu. Yuk disimak.
a. Cara yang paling mudah adalah dengan mengubah lirik lagu yang populer. Contohnya lagu Doraemon
Berikut adalah contoh yel-yel untuk kelompok sebelas
Aku takut yang ini, aku takut yang itu
Ini itu semuanya bengis sekali
Semua, semua, semua dapat ditaklukan
Dapat ditaklukkan oleh kelompok dua belas
Kami ingin lihat, kelompok paling kompak
Eh, itu kan kelompok dua belas
La la la, aku senang sekali… kelompok dua belas
b. Gerakan juga juga menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika membuat yel-yel. Sebagai contoh silahkan simak video berikut
c. Putuskan siapa yang memberi aba-aba atau instrukur nya. Hal ini biar yel-yel kita jadi terlihat lebih kompak dan terdengar dan terlihat lebih sempurna
d. Terakhir adalah semua lirik lagu dan gerakan harus dibuat menjadi sederhana dan mudah dihafal. Atau bisa gunakan lirik atau gerakan yang sudah diketahui semua anggota. Dengan begini dalam sekejap kamu bisa membuat yel-yel yang bakal asik untuk dinyanyikan.
2. Rantai Nama

Cara bermain:
- Membentuk lingkaran;
- Bisa dimulai dari mana saja, biasa nya dari ketua kelompok;
- Orang pertama mengenal kan diri dengan menyebutkan nama (bisa ditambahkan hal lain biar lebih seru seperti asal, umur, cita-cita);
- Orang kedua yang merupakan orang disebelah kanan orang pertama mengulangi apa yang disampaikan orang pertama dan kemudian menyebutkan namanya. Misal, “Budi dari Surabaya, saya Abdi dari Solo”;
- Kemudian orang ketiga yang berada disebelah kanan orang kedua mengatakan “Budi dari Surabaya, Abdi dari Solo, saya Ismail dari Magetan”;
- Kemudian terus dilanjutkan sampai memutar kembali ke orang pertama;
- Bagi peserta yang salah menyebutkan nama bisa diberi hukuman sesuai kesepakatan semua pemain.
3. Perkenalan Rahasia

Alat:
Kain ukuran besar sekitar 2×3 meter atau spanduk atau terpal yang penting tidak transparan.
Cara bermain:
- Semua peserta memperkenalkan dirinya. Bisa menggunakan permainan diatas (jika belum kenal);
- Peserta dibagi menjadi 2 kelompok dengan jumlah yang sama;
- Kelompok 1 dan kelompok dua duduk saling berhdapan dengan jarak kira 4 meter;
- Diantara dua kelompok dibentangkan kain;
- Pastikan kelompok 1 tidak bisa melihat kelompok 2 dan sebaliknya;
- Setiap kelompok megirim satu anggota nya untuk duduk persis di depan kain pemisah;
- Ketika kain diturunkan masing-masing utusan kelompok 1 menyebutkan nama utusan kelompok 2 dan sebaliknya utusan kelompok 2 menyebutkan nama utusan kelompok 1;
- Yang paling cepat menyebutkan nama dia lah yang menang;
- Permainan terus berlanjut sampai semua anggota kelompok ikut bermain;
- Di akhir permainan skor yang didapatkan ditotal untuk mengetahui kelompok yang menang.
Artikel terkait : Beberapa daur ulang yang inovatif
4. Memindahkan karet

Alat:
- Karet sejumlah kelompok yang ada.
- Sedotan atau korek api (semakin pendek semakin seru).
- Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok;
- Setiap kelompok bediri dan berbaris berbanjar sambil dan setiap orang memegang sedotan dengan mulut mereka;
- Pemandu menaruh karet gelang di sedotan orang yang berada pada barisan paling depan;
- Kemudian karet gelang dipindahkan melalui sedotan hingga sampai ke orang terakhir;
- Kelompok yang paling cepat memindahkan karet gelang adalah pemenangnya.
5. Human Ladder

Alat:
Minimal 3 balok kayu atau bambu dengan ukuran 50 cm dan diameter 8-10 cm setiap satu kelompok.
Cara Bermain:
- Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. 10 orang per satu kelompok (lebih banyak lebih baik karena bisa bergantian apabila letih);
- Tentukan garis start dan garis finish;
- Tunjuk satu orang sebagai penyebrang (pilih orang yang ringan dan lincah);
- Buat dua barisan dan saling berhadapan dengan saling memegang balok kayu dengan orang yang ada di hadapanya di garis start;
- Penyebrang akan menaiki balok kayu dan terus melangkah menuju balok kayu selanjutnya hingga garis finish;
- Balok kayu yang telah dilewati oleh penyeberang dipindahkan kedepan agar penyebrang bisa sampai ke garis finish.
6. 7 Wow

Cara bermain
- Pemain membentuk lingkaran;
- Bisa dimulai dari siapa saja;
- Pemain mulai berhitung;
- Ketika seseorang mendapat angka 7 atau kelipatan 7 dia harus berteriak wow. contoh: 4, 5, 6, wow, 8, 9, 10, 11, 12, 13, wow, …;
- Pemain yang salah akan dikeluarkan atau diberi hukuman untuk menghibur teman-temannya.
7. Cermin Diri

Cara Bermain :
- Setiap pemain berpasangan dan berdiri berhadapan;
- Secara bergantian pemain menirukan geraka lawan main nya;
- Putaran kedua, para pemain meneruskan bercermin, tapi kali ini kedua tangannya saling bersentuhan dengan lembut;
- Putaran ketiga, para pemain merapatkan tangan dengan kuat, dan melanjutkan untuk mengikuti gerakan lawan main secara bergantian.
8. Kursi Panas

Alat:
Kursi.
Cara Bermain:
- Pemain membentuk lingkaran dan ditengah nya diletakkan kursi yang berjumlah sama dengan jumlah pemain dikurangi satu;
- Pemandu memutar sebuah lagu dan para pemain harus bergerak memutari kursi;
- Ketika lag berhenti para pemain harus segera duduk di kursi;
- Pemain yang tidak kebagian tempat duduk harus keluar dari permainan;
- Permainan dilanjutkan dengan mengeluarkan satu kursi lagi;
- permainan baru selesai ketika tinggal tersisa satu kursi;
- Orang yang berhasil di satu kursi terakhr adalah pemenangnya.
9. Perang Naga

Alat:
- Tali Rafia.
- Balon.
- Tusuk gigi.
- Pemain dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok 8-10 orang
- Setiap kelompok berbaris dengan orang yang berada pada bagian depan saling berhadapan;
- Setiap pemain diberi balon yang diikatkan pinggang dengan tali rafia, kecuali orang yang paling depan;
- Orang paling depan diberi tusuk gigi
- Setiap kelompok berbaris dengan kedua tangan memegang pundak teman di depannya seperti seekor naga dan barisan tidak boleh terlepas;
- Sang kepala naga dengan tusuk gigi berusaha meletuskan balon pada barisan lawan dengan juga berusaha melindungi barisannya;
- Kelompok yang balon nya paling banyak meletus atau barisannya terlepas adalah kelompok yang kalah.
10. Lingkaran Mahkota

Alat:
Tali Rafia.
- Membuat lingkaran dengan tali rafia;
- Saat pemandu memberi aba-aba semua pemain harus masuk kedalam lingkaran yang telah dibuat dengan tali rafia;
- Apabila ada peserta yang tidak masuk maka seluruh peserta akan diberi hukuman.
11. Sendok Bola Estafet

Alat:
- Sendok.
- Bola pingpong.
- Pemain dibagi menjadi beberapa kelompok;
- Setiap pemain memegang sendok dengan mulut mereka;
- Setiap kelompok dibagi menjadi dua bagian. Bagian kanan dan kiri;
- Bagian kanan berdiri di sebelah kanan lapangan dan bagian kiri berdiri di bagian kiri lapangan;
- Setiap kelompok harus berusaha memindahkan bola pigpog dari sebelah kiri ke sebelah kanan dan sebaliknya, sampai semua anggota kelompok ikut bermain;
- Kelompok yang menyelesaikan perlombaan terlebih dahulu adalah pemenangnya.
12. Sarang Laba-Laba

Alat:
Tali rafia.
Cara bermain:
- Tali rafia diikatkan di antara dua pohon dan dibuat menyerupai sarang laba-laba
- Setiap kelompok berusaha untuk melewatkan seluruh anggotanya melalui lubang-lubang pada sarang laba-laba;
- Pemain yang telah melewati sarang laba-laba tidak boleh kembali ke tempat semula, tetapi diperbolehkan untuk membantu dari sisi seberang;
- Saat melewati sarang para pemain tidak boleh mengenai tali rafia, jika mengenai tali harus mengulangi dari awal.
13. Lawan Kata

Cara bermain:
- Peserta dikelompokkan menjadi 8-10 orang per kelompok;
- Setiap kelompok membentuk barisan dengan memegang pundak teman didepannya;
- Ketika pemandu mengatakan “Maju/mundur/kanan/kiri” maka peserta bergerak sesuai instruksi;
- Peserta hanya bergerak sesuai dengan kode yang perintah yang disepakati;
- Pada putaran kedua, instruksi dirubah dengan tambahan kata “Coy” dan peserta harus bergerak berlawanan dengan arah yang disebutkan. Contoh “Mundur coy” berarti peserta harus bergerak maju;
- Permainan akan terlihat seru ketika ada anggota kelompok yang tidak bergerak sesuai perintah atau bergerak ketika perintah yang diberikan salah.
14. Permainan Instruksi

Cara bermian:
- Instruktru memberikan penjelasan mengenai aturan permainan. Contoh, instrukur mengatakan “Ikuti apa yang saya katakan” dan berkata “Pegang telinga” tetapi intruktur memegang hidung, berarti kita harus pegang telinga;
- Permainan ini akan lucu jika ada peserta yang salah mengikuti instruksi karena fokus dengan gerakan instruktur.
15. Benda Ajaib

Alat
Dapat menggunakan berbagai benda. Paling gampang menggunakan lego, bisa juga menggunakan barang-barang bekas.
Cara bermain:
- Peserta akan dikelompokkan dan menunjuk ketua untuk memimpin jalannya diskusi;
- Peserta berdiskusi mengenai benda apa yang akan dibuat dengan barang-barang yang disediakan instruktur dengan durasi 30-40 menit;
- Kemudian setiap kelompok mempresentasikan hasil ciptaannya. Dalam presentasi setiap kelompok menyebutkan nama, kegunaan, kelebihan dan keunikan dari benda ciptaannya.
16. Estafet Hula Hoop

Alat:
Hula hoop.
Cara bermain:
- Peserta dibentuk menjadi beberapa kelompok;
- Setiap kelompok berbaris dengan membentuk satu shaf;
- Setiap pemain memegang kuat tangan pemain yang ada sampingnya;
- Kemudian hula hoop dipindahkan dari sisi kiri ke sisi kanan shaf tanpa melepaskan pegangan tangan;
- Kelompok yang hula hoop miliknya paling cepat berpindah adalah yang menang.
17. Menggambar Rumah

Alat:
- Pena.
- Kertas.
- Pemain berpasang-pasangan;
- Setiap pasangan diberi pena kemudian memegangnya secara bersama;
- Pemandu memberi sebuah tulisan atau gambar rumah untuk kemudian disalin oleh setiap pasangan;
- Ketika mereka menyalin mereka tidak boleh untuk saling berkomunikasi.
18. Bermain Korek


Alat:
Korek api batang.
Cara bermain:
Pemain berusaha untuk menyelesaikan teka-teki menggunakan korek api seperti yang dicontohkan pada gambar.
19. Menggambar Wajah

Alat:
- Pena.
- Kertas.
- Pemain bermain dengan berpasang-pasangan;
- Salah satu pemain diberi kertas dan pena;
- Kemudian mulai mengamati wajah lawan mainnya dan menggambarkan wajahnya di kertas;
- Setelah selesai para pemain bergatian dengan lawan mainnya.
20. Menggambar Bersama

Alat:
- Pena.
- Kertas.
- Pemain bermain secara berkelimpok dengan jumlah 6-8 orang;
- Pemain berbaris secara berbanjar dan setiap pemain memegang pena dan kertas;
- Pemandu memberikan sebuah nama benda dan orang yang berada di bagian depan harus menggambar sesuatu untuk menyampaikan kata-kata tersebut ke orang di belakangnya;
- Begitupun orang kedua menggambar kembali gambar orang pertama dan hasilnya akan diperlihatkan ke orang ketiga, seterusnya sampai orang terakhir atau yang paling belakang;
- Orang terakhir harus menebak maksud dari gambar yang di telah dia dapatkan;
- Jika benar maka dia mendapat point dan jika salah tidak mendapat point;
- Begitu seterusya sampai 4 gambar berikutnya;
- Kelompok yang mendapat point terbanyak dialah yang menang.
21. Baut Barisan

Cara bermain:
- Peserta di bagi dalam 2 kelompok dengan jumlah yang sama banyak;
- Kedua kelompok akan berlomba menyusun barisan. Barisan disusun berdasarkan aba-aba pemandu :tinggi badan, panjang rambut, usia dan seterusnya;
- Pemandu akan menghitung sampai 10, kemudian kedua kelompok, selesai atau belum, harus jongkok;
- Setiap kelompok secara bergantian memeriksa apakah kelompok lawan telah melaksanakan tugasnya dengan benar;
- Kelompok yang menang adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya dengan benar dan cepat ( bila kelompok dapat meyelesaikan tugasnya sebelum hitungan ke 10 mereka boleh langsung jongkok untuk menunjukkan bahwa mereka telah selesai melakukan tugas);
- Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
22. Bakiak

Alat:

Cara bermain:
- Pemain membentuk kelompok yang beranggotakan 3 orang;
- Pemandu membuat garis start dan garis finish;
- Kedua kelompok adu cepat untuk berjalan dari garis start sampai ke garis finish;
- Kelompok yang sampai digaris fish terlebih dahulu adalah yang menang.
23. Menara Koin

Alat:
Koin apa saja dengan ukuran yang sama sebanyak 100 buah.
Cara bermain:
- Pemain dibagi menjadi 2 kelompok;
- Masing-masing kelompok diberi koin dengan jumlah yang sama banyak;
- Setiap anggota kelompok secara bergantian menumpuk koin dalam waktu 30 detik;
- Kelompok yang paling banyak menumpuk koin atau yang terlebih dahulu selesai adalah pemenangnya.
24. Bowling Botol

Alat:
- Bola sepak.
- 10 botol minuman ukuran 600 ml.
- Siapkan peralatan, isi botol dengan air hingga penuh;
- Susun botol menyerupai pin pada olaharga bowling;
- Setiap pemain secara bergantian menendang bola ke arah botol;
- Pemain yang paling banyak menjatuhkan botol adalah pemenangnya.
25. Benteng Takeshi

Alat:
2 buah Bendera serta batangnya.
Cara bermain:
- Pemain dibagi menjadi 2 kelompok;
- Setiap kelompok menentukan pemimpin pasukan;
- Pemandu menjelaskan aturan main: Masing kelompok memilih tempat yang akan menjadi benteng mereka (biasanya pohon atau tembok), bendera diletakkan di dalam benteng, setiap kelompok berusaha merebut bendera lawan, musuh bisa dibunuh dengan menepuk tubuh mereka, musuh yang tertepuk akan ditawan oleh pihak musuh, kita dapat menghdupkan kembali teman kita dengan menepuk tubuhnya lagi, kelompok yang berhasil merebut bendera adalah pemenangnya;
- Pemandu memberikan waktu 7 menit untuk berdiskusi menentukan strategi.
26. Mencari Harta Karun

Alat:
Kertas karton yang dipotong-potong dan berisi kata-kata dan kertas yang bertuliskan sebuah kalimat
Cara bermain:
- Pemandu akan menyembunyikan potongan-potongan kertas disemak-semak;
- Pemandu memberikan kertas yang bertuliskan sebuah kalimat kepada setiap kelompok;
- Masing-masing kelompok berusaha mencari potongan potongan kertas dan disusun menjadi sebuah kalimat yang sesuai dengan kalimat pada kertas yang diberikan pemandu;
- Kelompok yang selesai duluan adalah yang menang.
0 Response to "Permainan Yang Bisa Meningkatkan Kerjasama Kelompok"
Post a Comment