Pengertian dan Contoh Alat Musik Ritmis Tradisional dan Modern Beserta Gambarnya



Alat Musik Ritmis – Terdapat berbagai macam jenis alat musik yang ada di seluruh dunia. Secara umum, jenis alat musik jika dikelompokkan berdasarkan fungsinya dibagi menjadi tiga, yakni melodis, harmonis, dan ritmis.
Pada artikel ini kita akan membahas tentang alat musik ritmis, yaitu alat musik yang tidak memiliki tangga nada/tidak bernada/bernada tetap. Biasanya alat musik jenis ini berfungsi sebagai pengiring dan pengatur tempo sebuah lagu.

Contoh Alat Musik Ritmis, Asal Daerahnya, dan Penjelasannya

Berikut adalah penjelasan mengenai 11 contoh alat musik ritmis yang dikelompokkan menjadi dua bagian, yakni alat musik ritmis modern dan alat musik ritmis tradisional.

  Artikel terkait : Kumpulan gambar motif airbrush helm.


Alat-alat musik ritmis tersebut umumnya digunakan sebagai pengiring untuk lagu atau tarian. Ada beberapa penjelasan mengenai masing-masing alat musik tersebut beserta asal daerahnya.

Alat Musik Ritmis Modern

1. Drumset


alat musik ritmis
www.rhythmtraders.com

Termasuk dalam kategori alat musik modern, drumset merupakan salah satu alat musik paling berperan penting dalam sebuah pertunjukan musik masa kini. Buktinya 90% dari lagu top yang beredar di pasaran menggunakan drumset sebagai instrumen pengiringnya.
Drumset sendiri terbagi menjadi 3 perangkat yang kemudian tergabung menjadi satu kesatuan yakni:
a. Drum, bagiannya berupa: bass drum, snare drum, floor tom, tom-tom, dll.
b. Simbal, bagiannya berupa: ride cymbal, cash cymbal, hi-hat, chinese splash, dll.
c. Perangkat keras, berupa cymbal, tiang, pedal bass/kick, stool/bangku, pedal hi-hat, dll.
Orang yang memainkan drum disebut drummer. Seorang drummer memainkan drum dengan menggunakan sebuah alat khusus berupa tongkat kecil yang dipukulkan ke bagian drum tertentu. Menurut beberapa referensi, asal mula drum berasal dari negeri Cina yang kemudian berkembang menjadi drum sekarang.

 Artikel terkait : Kumpulan sketsa pemandangan alam desa. 

2. Kongo


alat musik ritmis
www.musiconeworkshop.com

Kongo atau disebut juga Konga atau Bongo terbuat dari kayu sama halnya dengan gendang tapi bentuknya lebih panjang dan memilki keunikan tersendiri. Bagian permukaan alat musik dari Kuba ini terbuat kulit hewan sehingga suara yang dihasilkan lumayan khas.
Ukuran Kongo ada dua yaitu yang rendah dan yang tinggi, bentuk keduanya sama saja dan tetap diletakkan pada besi penyangga agar tetap seimbang saat dimainkannya. Cara memainkannya adalah dengan memukulnya menggunakan kedua tangan tanpa alat apapun.

3. Simbal Tangan


alat musik ritmis
sabian.com
 

Instrumen musik ini terdiri daru dua buah lempengan yang terbuat dari logam berbentuk lingkaran yang bagian tengahnya menonjol. Cara memainkan alat musik ritmis ini yakni dengan menggesekkan atau membenturkan kedua lempengan tersebut. Contoh alat musik ini bisa kita temukan pada grup marching band.


 Artikel terkait : Kumpulan sketsa gambar mewarnai hewan;.
Simbal ini sudah digunakan sejak zaman kuno. Seorang pembuat simbal terkenal di dunia berasal dari negara Turki yang mana rumus campuran logamnya dijaga kerahasiaannya. Simbal termasuk dalam kategori alat musik bertempo cadas.

4. Tamborin


alat musik ritmis
artculture567.blogspot.com

Digunakan untuk mengiringi lagu berirama riang. Tamborin terbuat dari logam berbentuk lingkaran dan di setiap sisinya terpasang rangkap sepasang logam tipis bulat. Karena logam tersebutlah, tamborin akan menghasilkan bunyi saat digoyangkan-goyangkan.
Instrumen ini berasal dari tanah Eropa yang pada mulanya dimainkan oleh kelompok musik dari tentara Turki, Janissaries. Tamborin memiliki kemiripan dengan alat musik sejenis yang bisa ditemukan di Asia Tengah, Cina, Peru, India, serta Greenland.

5. Timpani


alat musik ritmis
barkingdrum.com

Hampir mirip dengan drum, namun memiliki ukuran yang lebih besar. Timpani termasuk dalam keluarga alat musik perkusi. Alat untuk memainkannya disebut Stik Timpani atau Timpani Mallet yang berdiamater 2 cm. Bagian ujungnya dibalut dengan bola kapas yang dibuat dari bulu biri-biri Eropa yang terkenal sangat lembut.

  Artikel terkait : Contoh gambar mewarnai masjid sederhana.
Instrumen ini terbuat dari kulit yang kemudian dipasangkan ke sebuah mangkok besar atau tabung yang terbuat dari tembaga atau fiber. Cara memainkannya yakni dengan dipukul menggunakan stik khusus. Disebutkan bahwa penggunaan dasar timpani sudah ada sejak abad ke-15 yang digunakan sebagai alat upacara keagamaan.

6. Triangle


alat musik ritmis
www.musicforspecialkids.com

Alat musik ritmis ini termasuk yang paling simpel dalam bentuk dan penggunaannya. Triangle hanya terbuat dari logam berbentuk segitiga, yang membuatnya disebut ‘triangle‘ (segitiga). Alat musik ini saat dimainkan menghasilkan bunyi yang sangat nyaring dan tinggi.
Menurut beberapa literatur, Triangle sudah ada sejak abad ke-16. Tak jelas siapa yang menciptakannya dan darimana instrumen musik ini berasal. Namun, dalam sejarah musik klasik, Triangle sudah dimainkan dalam orkestra klasik Barat di abad ke-18. Musisi terkenal yang menggunakannya pada zaman tersebut, yakni: Beethoven, Mozart, serta Haydn.
Cara memainkannya cukup hanya dengan memegang tangkai yang telah disediakan dengan salah satu tangan kita, kemudian tangan yang lain memukul bagian badan Triangle dengan besi pemukul. Simpel, kan?

Alat Musik Ritmis Tradisional

7. Rebana


alat musik ritmis
rebanajepara.blogspot.com

Rebana bisa disebut juga gendang yang berukuran lebih kecil berbentuk pipih dan bundar serta dibingkai dengan kayu yang dibubut. Permukaan rebana dibuat dari kulit kambing yang diregangkan. Cara memainkannya yaitu dipukul dengan menggunakan telapak tangan.
Alat musik ritmis diperkirakan berasal dari Timur Tengah sedangkan suku Melayu dianggap hanya mempopulerkannya saja di tanah air.

8. Gendang


alat musik ritmis
en.wikipedia.org

Instrumen ritmis ini disebut juga kendhang dalam gamelan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Berfungsi untuk mengatur ritme atau irama sebuah lagu. Cara memainkannya yakni dengan dipukul pada kedua sisinya dengan tangan tanpa menggunakan alat apapun.
Gendang sendiri dibuat menggunakan kayu nangka, cempedak, ataupun kelapa. Jenis kayu terbaik yang digunakan untuk pembuatan gendang adalah mahoni. Kulit yang dijadikan bam (bagian permukaan yang bernada rendah) dibuat dari kulit kerbau sedangkan untuk chang (bagian permukaan yang bernada tinggi) biasanya dibuat dari kulit kambing.
Dahulu kala, gendang digunakan sebagai alat musik pengiring dalam acara pencak silat, iring-iringan pengantin, untuk menyambut tamu, dan lain-lain. Beberapa daerah di Indonesia hingga sekarang masih menggunakannya untuk hal-hal tersebut.

9. Marakas


alat musik ritmis
tukinfo.net

Alat musik yang juga termasuk alat musik perkusi ini jika disebut juga Maracas, Maraca’, Mbara’ka, atau Maracax’a. Dulunya Marakas digunakan sebagai instrumen untuk dipakai menjadi media penyembuhan di hampir seluruh Afrika, Karibia, dan Amerika Selatan yang katanya merupakan daerah alat musik ini berasal.
Marakas hampir bisa kita temui di seluruh dunia dalam sebuah Big Band atau Orkestra. Alat musik ini juga menjadi salah satu yang terpenting di dalam musik Cuba, Rumba, Salsa, Charanga, serta Trov Ensemble.
Material bagian luar dari Marakas biasanya terbuat dari labu yang sudah dikeringkan atau bisa juga dari kulit kering yang dijahit. Selain kedua bahan tersebut, kayu, kelapa, plastik, jerami, atau buah squash pun bisa diolah menjadi Marakas.


 Artikel terkait : Pengertian dan contoh alat musik ritmis.
Untuk bagian dalamnya diisi dengan biji-bijian dari macam-macam jenis tanaman ataupun bahan lain yang diharapkan bisa beresonansi dengan material luarnya sehingga menghasilkan suara getaran yang enak didengar.
Jumlah isi di Marakas tergantung kehendak dari si pembuat atau pemainnya yang juga memperhatikan nilai-nilai estetika. Sebuah tongkat silinder atau batang juga dipasang sebagai alat bantu memudahkan memegang dan memainkannya.

10. Tifa


alat musik ritmis
bbm.liputan6.com

Alat musik ini asli dari Indonesia Timur yakni Maluku dan Papua. Terbuat dari kayu yang bagian tengahnya dilubangi dan salah satu ujungnya ditutup dengan kulit binatang. Biasanya kulit yang digunakan untuk pembuatan Tifa adalah kulit rusa.
Cara memainkannya sama dengan kendang dan kongo, yakni dipukul. Tifa sendiri dibagi menjadi beberapa macam seperti, Tifa Dasar, Tifa Jekir, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong dan Tifa Bas.

11. Kastanyet


alat musik ritmis
marbellamarbella.es

Alat ini digunakan sebagai pengiring pada tarian-tarian Spanyol dan memang instrumen ini berasal dari negara tersebut. Kastanyet terdiri sepasang kepingan kayu yan keras dengan bentuk cekung. Cara memainkannya yaitu dengan menepuk-nepuk kastanyet di tangan kiri dengan tangan kanan kita.

Demikian contoh alat musik ritmis, asal daerah, serta penjelasannya. Semoga kamu selalu terbantu setelah membaca artikel di petirhitam.blogspot.com dan jangan lupa bagikan artikel tersebut sehingga manfaatnya juga tersebar luas.
Terima kasih sudah berkunjung.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Alat Musik Ritmis Tradisional dan Modern Beserta Gambarnya"