Beberapa Surah yang bisa dibaca untuk ibul (Penting)

 4 Doa Ibu Hamil Wajib Dibaca Setiap Hari

Anak merupakan titipan dari Allah swt. Tidak semua orang dimudahkan untuk mempunyai keturunan. Ini alasannya kenapa banyak orang yang sangat hati-hati menjaga kondisi bayinya sejak di dalam rahim. Berikut ini, 12 Surat Al-quran yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Sebenarnya apapun ayat Al-quran yang dibaca itu bagus. Namun ada beberapa surah yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Apa saja?

1. Surah Al-Fatihah

Al-Fatihah merupakan surah pertama di Al-quran. Tidak heran, jika Al-Fatihah disebut sebagai pembukaan. Surah Al-Fatihah berisi 7 ayat. Lantas, apa keistimewaan dari surah Al-Fatihah?

Surah Al-Fatihah termasuk surat yang paling mulia di Al-Quran. Al-Fatihah disebut sebagai Ummul Quran. Yang namanya ummu berarti induk (ibu). Tak heran, jika Al-Fatihah menjadi surah wajib yang dibaca saat shalat. Tidak ada shalat tanpa bacaan Al-Fatihah.

Begitu mulianya surah Al-Fatihah juga dianjurkan untuk diamalkan oleh ibu hamil. Surah Al-Fatihah bisa menenangkan hati dan menguatkan daya ingatan. Dengan kata lain, ibu hamil yang mengamalkan surah Al-Fatihah sama saja dengan mendoakan supaya anak yang dikandungnya kelak mempunyai daya ingat yang kuat.

2. Surah Al-Baqarah

Al-Baqarah merupakan surat kedua di Al-Quran. Surah Al-Baqarah ini memiliki 286 ayat. Setiap ayatnya mengandung arti. Tak terkecuali surah Al-Baqarah ayat 128.

Surah Al-Baqarah ayat 128 ini merupakan salah satu yang dianjurkan untuk ibu hamil. Ayat 128 iini adalah salah satu doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim As bersama Ismail. Dari awal ayat saja maknanya luar biasa.

Pada awal ayatnya berbunyi, “ Rabbanaa waj ‘ainaa muslimaini”. Artinya, “Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau”. Sekilas mungkin bunyi ayat tersebut sederhana, namun jika dicermati lagi maknanya sangat luar biasa.

Kemudian lanjutannya berbunyi, “Wa min dzurriyyatinaa ummatam muslimatal laka”. Artinya, “Dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang patuh terhadap engkau)". Dalam penggallan ayat ini bermakna untuk menjadikan generasi berikutnya untuk patuh dan tunduk kepada Sang Pencipta, yaitu Allah swt.

Lalu, “Wa arina manaasikanaa”, “Dan tunjukilah kami tata cara melaksanakan ibadah”. Maksudnya adalah semoga kita dihindarkan dari hal-hal yang menyimpang dari aturan Allah swt.

Dan pada akhir ayat berbunyi, “Wa tub ‘alainna innakan antattawwaabur rahiim”. Artinya, “Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang”. Maknanya kita sebagai manusia tak luput dari salah dan senantiasa memohon pintu pertaubatan dari Yang Maha Kuasa.

Nah, untuk ibu hamil, Surah Al-Baqarah ayat ke 128 ini adalah doa memohon agar anak patuh atas perintah Allah swt. Dengan kata lain menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

3. Surah Al-Imran

Al-Imran merupakan surat ketiga yang berisikan 200 ayat. Nah dari sekian banyak ayat dalam Surah Al-Imran, ada beberapa yang sesuai untuk ibu hamil. Di antaranya adalah surah Al-Imran ayat ke dan ayat ke-38.

Pada surah Al-Imran ayat ke 8 berisikan tentang dia untuk memohon rahmat. Pada penggalan ayatnya dibagian akhir, berbunyi “Karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)”.

Kemudian ada juga ayat lain pada surah Al Imran yang dianjurkan untuk ibu hamil, yakmi ayat ke 38. Ayat ke-38 ini merupakan doa memohon dikarunia anak (keturunan) yang baik. Dalam ayat tersebut dikatakan, “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.

4. Surah Yusuf

Surah Yusuf adalah surah ke-12 yang berisikan 111 ayat. Adapun manfaat dari surah Yusuf adalah doa untuk memohon anak yang cantik (rupa dan akhlak).

Seperti yang kita ketahui, dari kisah-kisah Nabi disebutkan bahwa Nabi Yusuf merupakan nabi yang sangat tampan. Ketampanannya membuat wanita tergila-gila. Namun bukan hanya rupanya yang tampan, melainkan sikapnya juga patut diteladani. Ini alasannya, kenapa surah Yusuf juga menjadi bagian dari amalan yang dibaca oleh ibu hamil.

5. Surah Ibrahim

Surah Ibrahim merupakan surat ke-14 yang berisikan 52 ayat. Nah, pada ayat ke-40 merupakan doa untuk memohon anak supaya senantiasa mendirikan shalat.

Seperti yang kita tahu bahwa shalat itu tiang agama. Shalat membentengi iman kita agar tidak goyah dengan berbagai cobaan yang datang. Adapun bunyi surah Ibrahim ayat ke-40, yakni “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku”.

6. Surah Maryam

Ayat suci lainnya yang dianjurkan untuk senantiasa dilantunkan oleh ibu hamil adalah surah Maryam. Surah Maryam merupakan surah ke-19 yang berisikan 98 ayat.

Lantas, apa fadhillah dari surah Maryam? Surah Maryam merupakan doa untuk ibu hamil agar dimudahkan saat persalinan. Persalinan merupakan momen mendebarkan bagi seorang wanita, dimana ia berjuang mempertaruhkan nyawa demi melahirkan buah hatinya.

Nah, tak jarang dalam beberapa kasus harus ada yang dipertaruhkan. Entah kepergian bayi atau sang ibu. Demi melancarkan dan menghindarkan dari kondisi tersebut kita senantiasa memohon doa kepada Allah untuk dimudahkan. Salah satunya dengan surah Maryam.

7. Surah Luqman

Surah Luqman merupakan surah ke-31 yang berisikan 34 ayat. Surah Luqman dipercaya sebagai doa untuk memohon anak yang cerdik. Cerdik dalam mendalami segala ilmu.

Selain itu, surah Luqman juga mengingatkan kita untuk bertaqwa. Karena pada hari kiamat nanti, tidak ada yang bisa menolong kecuali amal. Dan semoga dengan mengamalkan surah Luqman saat hamil membuat anak tersebut menjadi anak yang sholeh/sholehah dan patuh kepada Tuhan.

8. Surah As-Sajdah

As-Sajdah merupakan surah ke-13 yang berisikan 30 ayat. Nah, pada ayat ke 7-9 merupakan doa untuk memohon agar anak sholeh/sholehah.

Pada surah As-Sajdah ayat ke 7-9 disebutkan tentang penciptaan manusia. "Manusia diciptakan sebaik-baiknya dari tanah. Kemudian Dia menjaikan keturunannya dari saripati air yang hina. Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan) Nya. Dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan, dan hai (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur".

Maksud dari ayat diatas adalah sebagai pengingat untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Dengan bersyukur kita menjadi bagian dari anak yang sholeh/sholehah.

9. Surah Al-Hujurat

Al-Hujurat merupakan surat ke-49 yang berisikan 18 ayat. Ada banyak fadhillah dari surah Al-Hujurat. Salah satunya adalah memperbanyak air susu ibu (ASI). Ini alasannya, kenapa surah Al-Hujurat menjadi bagian dari amalan yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Peran ASI sangatlah penting bagi seorang bayi. Karena nutrisi yang diperlukan oleh bayi adalah ASI. Meski bisa digantikan oleh suu formula. Tapi manfaatnya jauh lebih besar ASI.

10. Surah Al-Furqan

A-Furqan merupakan surah ke-25 yang berisikan 77 ayat. Adapun ayat yang dianjurkan untuk diamalkan oleh ibu hamil adalah ayat ke-74. Surah Al-Furqan ayat ke-74 merupakan doa untuk memohon agat dikaruniai anak yang menyenangkan ibu bapak dan doa untuk keluarga bahagia.

Adapun isi surah Al-Furqan ayat 74 adalah “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-iseri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa”. Intinya memohon untuk senantiasa diberi kebahagiaan.

11. Yasin

Yasin merupakan surah ke-36 yang berisikan 83 ayat. Seperti yang kita ketahui, surah Yasin banyak sekali fadhillahnya. Mulai dari sebagai doa untuk menyembuhkan penyakit, dijauhkan dari bala, senantiasa diberikan rezeki, dan masih banyak lagi.

Nah, dari sekian banyak fadhillah, ada satu yang cocok untuk ibu hamil, yakni mendoakan supaya diberikan ketenangan hati dan anak dijauhkan dari godaan setan.

12. Surah At-Taubah

At-Taubah merupakan surat ke-9 yang berisikan 129 ayat. Apa manfaat mengamalkan surah At-Taubah untuk ibu hamil?

At-Taubah merupakan doa untuk membersihkan dan menjauhkan dari maksiat. Diharapkan kelak saat anak ini lahir, bisa jadi tauladan bagi orang lain dan jauh dari hal-hal yang dilarang Allah swt.

Nah, itu dia beberapa surah Al-quran yang dianjurkan untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.



Artikel Terkait : 

0 Response to "Beberapa Surah yang bisa dibaca untuk ibul (Penting)"