Beberapa seni ukir yang terbuat dari sabun dan cara pembuatannya



Kerajinan tangan dari sabun merupakan kreasi yang menggunakan bahan utamanya dari sabun padat. Karena sabun padat mudah untuk dibentuk. Dalam pengerjaannya, kerajinan tangan dari sabun biasanya dengan cara dipahat. Atau dapat juga sabun dicairkan terlebih dahulu kemudian dicetak. Saat ini sudah banyak orang yang mempelajari kerajinan tangan dari sabun.dan mereka sengaja menjual atau hanya sekedar di buat hiasan dirumah mereka sendiri.
dan ini beberapa contoh gambar hasil dari kerajinan seni ukir sabun ini..

Bahan-bahan untuk Kerajinan Tangan dari Sabun



farrelandmerry.blogspot.com
farrelandmerry.blogspot.com
Bahan untuk kerajinan tangan dari sabung sangat mudah. Misal kita akan membuat sebuah bunga dari sabun, maka bahan yang digunakan yaitu sabun batang yang cukup besar, tepung tapioca atau maizena, dan pewarna.

Alat-alat yang Diperlukan untuk Kerajinan Tangan dari Sabun



www.tokopedia.com
www.tokopedia.com
Alat-alat untuk membuat kerajinan tangan dari sabun sangat sederhana, tergantung apa yang akan kita buat. Contoh kita akan membuat bunga dari sabun, maka alat-alat yang diperlukan untuk membuat bunga dari sabun yaitu:
  • Parutan keju
  • Mangkok
  • Pot Bunga
  • Sumpit

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sabun



kembangsabun.blogspot.com
kembangsabun.blogspot.com
 ada beberapa metode untuk membuat kerajinan ini. Ada yang dipahat, dicetak dan ada pula yang dibentuk setelah dileburkan terlebih dahulu. Nah, untuk sekarang kita akan membuat bunga dari sabun, caranya yaitu sebagai berikut:
  1. Parutlah sabun batang menggunakan parutan keju.
  2. Masukkanlah parutan sabun batang ke dalam mangkok dan tambahkan tepung maizena/tapioca, kemudian aduklah secara merata (saat mengaduk, jangan lupa untuk tambahkan air secukupnya).
  3. Pisahkan adonan tersebut menjadi dua bagian. Bagian pertama berikan pewarna hijau dan bagian kedua tambahkan pewarna merah.
  4. Untuk membuat tangkainya, dapat menggunakan sumpit.
  5. Ambil sebagian adonan berwarna merah untuk dibentuk menjadi bunga yang diletakan di sumpit.
  6. Balutlah sumpit dengan adonan hijau sampai menyerupai daun.
  7. Ulangilah langkah 3-5 hingga adonan habis.
  8. Setelah selsai semuanya, biarkan hingga mengering.
  9. Bunga yang sudah mengering dapat disimpan di pot bunga.

Contoh Ide Kerajinan Tangan dari Sabun Lainnya



www.babydecorations.net
www.babydecorations.net
Beberapa contoh untuk dijadikan inspirasi membuat kerajinan tangan dari sabun. Contohnya bunga, berbagai bentuk hewan, kendaraan, boneka, telur, es krim, atau apapun sesuai dengan keinginan kamu.

Kelebihan Kerajinan Tangan dari Sabun



come2drum.wordpress.com
come2drum.wordpress.com
Kelebihan dari kerajinan tangan dari sabun yaitu mudah dibentuk menjadi apa saja, bahan yang dipakai memiliki aroma atau bau yang sangat wangi, sehingga cocok jika diletakan di ruang keluarga, tamu atau pun di kamar tidur.

Kekurangan Kerajinan Tangan dari Sabun



www.flickr.com
www.flickr.com
ada beberapa kekurangan dengan karya ukir sabun ini. Kekurangannya yaitu tidak tahan terhadap air atau rusak jika terkena air, tidak tahan benturan sehingga tidak dapat dikirim ke tempat yang jauh jika tidak membawanya dengan hati-hati, dan juga faktor kegagalan yang cukup tinggi apabila membuatnya menggunakan pahat, mudah patah jika tidak hati-hati.

Kerajinan Tangan dari Sabun Berbentuk Bunga



jasapengetikancibinong.blogspot.com
jasapengetikancibinong.blogspot.com
Perlu diingat, pada saat mencampur bahan untuk kerajinan bunga dari sabun ini, harus membuat beberapa lembar dengan variasi warna yang berbeda sehingga dapat menjadi paduan warna yang cantik.
Untuk batangnya dapat menggunakan batangan besi yang dilapisi dengan adonan sabun, dan jika sudah tau caranya,sangat mudah bukan membuat kerajinan bunga dari sabun.

Kerajinan Tangan dari Sabun Berbentuk Kupu-kupu



aliexpress.com
aliexpress.com
kerajinan sabun bentuk kupu - kupu. tidak usah repot - repot membuat adonan sabun, tapi cukup siapkan saja alat ukirnya, lalu ukir secara teliti.

Membuat pola terlebih dahulu di batangan sabun kemudian ukir sesuai pola dengan kedalaman yang simetris

Kerajinan Tangan dari Sabun Kue Lapis Legit



tokopedia.com
tokopedia.com
dan yang terakhir ini adalah kerajinan sabun yang diukir menjadi kue, gimana?? masih mau makan kue diatas karena terlihat lezat???
jangan ya takut nanti bisa sakit perut. hehe
jangan lupa share kawan..

Referensi : www.satujam.com

0 Response to "Beberapa seni ukir yang terbuat dari sabun dan cara pembuatannya"