Proposal KKN STKIP PGRI Lumajang

A. Latar Belakang Masalah
Penyesuaian
akademik untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di lingkungan
STKIP PGRI Lumajang serta kebutuhan pembangunan secara umum, maka
mahasiswa STKIP PGRI Lumajang mempunyai kepedulian terhadap pembangunan
yang dilaksanakan di desa baik masalah pendidikan, sosial maupun
pembangunan pembangunan fisik. Perguruan tinggi merupakan bagian yang
terintegrasi dengan usaha-usaha ikut berpartisipasi melaksanakan
pembangunan baik yang bersifat nasional maupun regional. Karena
Perguruan tinggi merupakan penghubung antara dunia ilmu pengetahuan,
teknologi serta kebutuhan masyrakat.
Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia serta peningkatan kualitas pendidikan, maka mahasiswa
STKIP PGRI Lumajang bersama instansi-instansi terkait beserta masyarakat ikut serta mensukseskan pembangunan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang, khususnya mempersiapkan Desa Siaga yang merupakan program dari pemerintah daerah
STKIP PGRI Lumajang bersama instansi-instansi terkait beserta masyarakat ikut serta mensukseskan pembangunan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang, khususnya mempersiapkan Desa Siaga yang merupakan program dari pemerintah daerah
Sehubungan
dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan serta mensukseskan Desa
Siaga di atas, maka perguruan tinggi sebagai wahana untuk mendidik dan
membina mahasiswa agar mampu meningkatkan daya penalaran serta menguasai
ilmu pengetahuan dan teknologi disertai jiwa pengabdian yang penuh
dengan loyalitas yang tinggi terhadap masa depan bangsa dan negara.
Selain itu, perguruan tinggi juga dituntut untuk dapat memberikan
kontribusi yang positif baik berupa tenaga maupun pikiran guna membantu
mempercepat lajunya pembangunan masyarakat. Dari uraian di atas,
mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat yang secara universal tidak
terlepas dari tanggung jawab dalam keberhasilan pembangunan yang
dilaksanakan. Dalam hal ini, mahasiswa juga dituntut dapat menyumbangkan
tenaga dan pikiran guna mempercepat terwujudnya keberhasilan
pembangunan sesuai dengan cita-cita proklamasi.
Keterlibatan
mahasiswa dalam pembangunan mempunyai arti yang cukup besar dalam
mencapai tujuan di atas. Oleh karena itu, program Kuliah Kerja Nyata
(KKN) telah dijadikan program nasional yang diaplikasikan oleh
Departemen Pendidikan Nasional
Sebelum
merencanakan dan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) terlebih dahulu
mengadakan observasi lapangan, dengan tujuan untuk memperoleh gambaran
yang transparan tentang lokasi KKN. Dari hasil observasi tersebut
didapatkan gambaran yang jelas tentang daerah lokasi Kuliah Kerja Nyata
(KKN) adalah Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang. Demikian sekilas
gambaran tentang keadaan yang menjadi lokasi mahasiswa KKN, yang
selanjutnya dapat digunakan sebagai petunjuk dan pedoman dalam
menyusun program KKN
B. VISI DAN MISI STKIP PGRI Lumajang
1. VISI STKIP PGRI LUMAJANG
STKIP
PGRI Lumajang adalah Lembaga Perguruan Tinggi yang berkedudukan di
Kabupaten Lumajang yang didirikan pada tahun 1985, berdasarkan statuta
STKIP PGRI Lumajang yang dipimpin oleh ketua dan di bawah tanggungjawab
langsung Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi
PPLP PT PGRI.
STKIP
PGRI Lumajang mempunyai visi dimasa mendatang menjadi lembaga
pendidikan tinggi bidang keguruan yang dapat diunggulkan, mampu
meluluskan mahasiswa yang berwawasan luas, mandiri serta berbudaya dan
mampu memberikan kontribusi nyata, mampu melaksanakan tugas dan
keahliannya bagi pembangunan.
Adapun Visi STKIP PGRI Lumajang adalah “Lembaga pendidikan tinggi
bidang keguruan yang dapat diunggulkan, mampu meluluskan mahasiswa yang
berwawasan luas, mandiri serta berbudaya dan mampu memberikan kontribusi
nyata, mampu melaksanakan tugas dan keahliannya bagi pembangunan”.
2. MISI STKIP PGRI LUMAJANG
a. Sebagai
institusi pendidikan, STKIP PGRI Lumajang mengembangkan dan
meningkatkan kapasitas sistem pembelajaran yang berimbang antara teori
dan praktek
b. Menjadikan
Civitas Akademika (peserta didik) terampil dan unggul dalam ilmu
pengetahuan dan teknologi, berbudi pekerti dan memiliki disiplin tinggi
serta mandiri.
c. STKIP
PGRI Lumajang mengarahkan dan memberikan kesempatan bagi Civitas
Akademika untuk tumbuh menjadi insan pendidik dan mengabdikan
keahliannya bagi pembangunan
d. Memberi layanan yang unggul dan berkualitas kepada peserta didik dan masyarakat sekitar demi keberlangsungan institusi
Sehubungan dengan Visi dan Misi STKIP PGRI Lumajang mempunyai beberapa tujuan kedepan antara lain :
1. Menjadikan
lulusan STKIP PGRI Lumajang sebagai pendidik yang mampu mengembangkan
dan meningkatkan kapasitas diri sebagai pendidik yang kompeten
dibidangnya baik teori dan praktek serta pengejawantahan jiwa pendidik.
2. Menjadikan
lulusan STKIP PGRI Lumajang yang unggul berwawasan luas, terampil,
berbudi pekerti dan memiliki disiplin tinggi serta mandiri.
3. Menjadikan
lulusan STKIP PGRI Lumajang sebagai insan pendidik yang kreatif ,
inovatif dan produktif serta mampu melakukan riset kependidikan dalam
pengabdiannya terhadap pembangunan
4. Menciptakan
suasanan akademis yang sehat dan kondusif dengan melakukan efisiensi
dan efektivitas sistem tata kerja yang berkualitas
5. Peningkatan kerja sama dengan berbagai pihak eksternal baik pemerintah maupun swasta pada tingkat lokal, regional dan nasional
6. Penggalian
sumber dana sebagai upaya pengembangan dan peningkatan proses dan
kualitas pendidikan, output serta sarana dan prasarana institusi.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, salah satu usaha yang dilakukan
sesuai Tri dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan Kuliah Kerja
Nyata (KKN). Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu kegiatan perkuliahan
dan kerja lapangan yang merupakan pengintegrasian dari pendidikan dan
pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat oleh mahasiswa
serta pragmatis melalui pendekatan interdisipliner dan lintas sektoral
Kuliah Kerja nyata (KKN) merupakan mata kuliah dengan bobot 6 SKS.
Pembinaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dikoordinasikan oleh
Lembaga Pendidikan dan Pengabdian Masyrakat (LPPM)
C. Tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Tujuan Kuliah Kerja nyata (KKN) adalah :
1. Untuk Mahasiswa
a. Agar
mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga, melalui
keterlibatan dalam masyarakat dan secara langsung menemukan, merumuskan
memecahkan dan menanggulangi pemerataan pembangunan secara pragmatis
dan interdisipliner ;
b. Dapat
memberikan pemikiran berdasarkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
(IPTEK) dalam upaya menumbuhkan dan mempercepat gerak serta
mempersiapkan pembangunan ;
c. Memperoleh
dan menularkan seperangkat pengalaman, sikap dan ketrampilan dari dan
kepada masyarakat dalam memecahkan masalah pembangunan secara pragmatis
melalui pendekatan interdisipliner dan lintas sektoral.
2. Bagi Perguruan Tinggi
a. Menghasilkan
sarjana yang menghayati kondisi, gerak dan permasalahan yang komplek
yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaksanakan pembangunan.
b. Meningkatkan
hubungan dengan pemerintah daerah, instansi teknik, dan masyarakat
sehingga dapat lebih berperan dalam menyelesaikan kegiatan pendidikan
serta penelitiannya dengan tuntutan nyata dari masyarakat yang sedang
membangun.
D. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN)
1. Model KKN
Model yang digunakan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini adalah menerjunkan
mahasiswa yang telah memperoleh 90 SKS dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK)
minimal 2,50 langsung diterjukan ke lokasi atau desa. Adapun tahapan kegiatan Kuliah Kerja Nyata adalah sebagai berikut :
a) Persiapan.
Persiapan Kuliah Kerja Nyata mencakup kegiatan :
Ø Menetapkan jadwal pelaksanaan, peserta, fasilitator dan panitia pelaksana;
Ø Melaksanakan pembekalan Kuliah Kerja nyata (KKN);
Ø Menyiapkan dan mendistribusikan undangan dan surat menyurat yang ada kaitannya dengan Kuliah kerja Nyata (KKN);
Ø Menyiapkan panduan Kuliah Kerja Nyata yang akan disampaikan oleh panitia.
b) Pelaksanaan
Pelaksanaan
Kuliah kerja Nyata (KKN) dikoordinasikan langsung oleh Ketua pelaksana
berkerja sama dengan kepala desa atau perangkat desa yang ditunjuk.
Untuk membantu pelaksanaan Lembaga STKIP PGRI Lumajang menunjuk dan
menugaskan dua orang fasilitator ke setiap desa. Kegiatan Kuliah Kerja
Nyata (KKN) berbentuk simulasi, kepemudaan, teknologi tepat guna, usaha
perbaikan kesehatan dan kesadaran lingkungan hidup.
c) Pelaporan
Seluruh peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) wajib membuat laporan dengan kerangka laporan sebagai berikut :
- Halaman judul
- Lembar pengesahan
0 Response to "STKIP PGRI LUMAJANG"
Post a Comment